Senin, 26 Maret 2012

Renstra dan Raker “Upaya Peningkatan SDM Kader PMII”

Catatan Renstra dan Raker P.C PMII Polman, 15-16 Januari 2012



Laporan : Muh. Yahya

Rabu 15 januari 2012, bertempat di gedung aula SLB pekkabata. Pengurus cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Polewali Mandar (Polman), menggelar kegiatan penyusunan Rencana Strategi dan Rapat Kerja pasca pelantikan ketua umum dan seluruh jajarannya, beberapa pekan lalu.

Kegiatan yang mengusung tema sentral “Quo Vadis PMII, Antara Harapan dan Kenyataan” tersebut dihadiri sekitar 30 peserta yang tergabung dalam pengurus PMII rayon Unasman, komisariat dan pengurus cabang PMII Polman. Turut hadir, Ketua Majelis Pembina Cabang (Mabincab) Polman, Muhammad Ali Wardi Sail, SIP, MSi dan Ketua Cabang PMII Polman, Munawir Arifin. Adapun yang bertindak sebagai ketua panitia yaitu Syamsul Bahri.


Dalam sambutannya, ketua panitia, Syamsul Bahri mengemukakan bahwa renstra dan raker ini diselenggarakan dengan mengambil tema diatas, karena kita melihat dari 314 pengurus cabang Se-Indonesia itu masing-masing mempunyai dinamika tersendiri. Begitupun PMII Cabang Polman yang memiliki orientasi gerakan dalam artian bagaimana membangun kembali roh kader.

“Melalui Kegiatan ini, diharapkan pula mampu mengakomodir semua ide dan gagasan baik ditingkatan struktur maupun kultur,”tutur Syamsul

Selain itu, Ketua Umum PC. PMII Polman 2011-2012 Munawir Arifin menambahkan bahwa “renstra dan raker ini merupakan agenda rutinitas dalam artian merupakan momentum dalam membangun paradigma gerakan. penyusunan program kerja kedepan sebagai upaya memenuhi tanggungjawab kita sebagai insan pergerakan. Dan yang paling penting lagi adalah upaya peningkatan kapasitas SDM kader PMII guna menjawab berbagai problem yang lahir di negeri ini, khususnya di Sulbar.

“Melalui program ini juga diharapkan akan terbangun di tingkat rayon dan komisariat peningkatan kerja sama dan saling memotivasi dalam upaya meningkatkan kompetensi dan kapasitas kader,” tegas Munawir Arifin

Lebih jauh, Muhammad Aliwardi Sail, S.Ip M.Si selaku Majelis Pembina Cabang (Mabincab) PMII Polman yang didaulat membuka acara, menganalogikan bahwa idealnya, Renstra dan Raker adalah bagai dua sisi mata uang yang tak bisa dipisahkan. Apalagi jika ditinjau dari kacamata pergerakan, maka hal tersebut merupakan sebagai alat evaluasi dan juga sebagai tolak ukur dalam menyusun sebuah agenda dan program kerja kedepan.

Dengan kata lain, dalam penyusunan program keja yang palimg dibutuhkan adalah komitmen perubahan kearah yang lebih baik. Sehingga yang perlu diperhatikan dalam penyusunan program kerja itu jelas, akurat dan konkrit, apalagi program yang akan disusun itu akan dipedomani selama lima tahun.

Adapun yang bertindak selaku fasilitator dalam kegiatan Renstra tersebut yakni bapak Muhammad Subair Sunar (aktivis LSM dan staf pengajar Unasman) dan Aswan Achsa (Sekretaris umum PW NU Sulbar). Hadir pula ketua jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unasman yang membawakan materi pada season awal tentang keorganisasian yaitu bapak Drs. Aco Dahrul Saharuddin. Selain itu ada juga, anggota Mabincab PMII Polman yang juga merupakan staf pengajar di STAI DDI Polman, bapak Ahmad Djafar Spd. Mpdi yang membawakan materi tentang Aswaja manhaj al-fikr.(ed/ma)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar